Sunday, March 8, 2015

Kembali ke dunia Ibu Kota


 Yeaah!!
Udah lima hari ini semenjak hari selasa kemaren gue nyampe ke Jakarta mendarat dengan ban sepeda motor gue ilang satu. Ini bukan karena pem-begalan yang sedang marak melainkan ini akibat dari penambal ban yang narik paku di ban gue engga kira-kira pake Las besi. Jadi dengan begitu bukannya paku yang lepas melainkan ban gue juga ikut lepas dan harus hilang tergantikan. Mungkin semua nya kisah gue sama ban gue berhenti sampai disini, terimakasih telah menjadi bagian perjalanan mengejar cinta gue oh ban gundul ku.
Dengan tubuh masih bau pedesaan dengan kulit khas terbakar matahari pesisir dan bahasa masih ngapaknya, Alhamdulillah gue sekrang udah bias nyesuaikan diri dengan kehidupan disini lagi.
Sekarang gue lagi dikejar deadline untuk beberapa acara kuis yang akan gue ikutin, ini adalah salah satu kegiatan yang harus gue lakuin untuk bias move on dari sawah-sawah pedesaan yang selama sebulan gue nikmatin (tentu saja pemandangannya) dan bagi gue sulit untuk dilupakan begitu saja. Untuk itu gue berusaha untuk melakukan kegiatan apapun untuk mengurangi waktu luang gue agar engga bias inget lagi tuh sawah. Oh sawah oh sawah, betapa nikmat nya buang hajat di pangkuanmu, oh sawah.
Kuis gue yang gue ikutin ini adalah kuis yang diadain oleh salah satu produk makanan ringan yang sebenernya engga begitu gue suka tapi karena ada kuis ini gue terpaksa beli satu box hanya untuk mengikutin kuis itu. Persyaratan agar bias ikut kuis itu adalah dengan cara mengirimkan box dan bekas bungkusnya.
Sebenernya sih gpp kalo gue ngirimin persyaratan dengan biasa aja, yaitu makan isinya kirim bungkusnya.
Cuman, supaya gue dibilang peserta yang keren, ganteng, baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung di kamar mandi, maka gue pun ngirim persyaratan itu dengan cara gue buka bungkus nya lalu gue keluarin isi nya yang kemudian gue makan, gue kumpulin bungkusnya lalu gue kirim PLUS gue serahin juga struck pembelian gue di Ramayana PLUS juga tanda tangan supir angkot agar mereka tau berapa biaya yang gue keluarin dan agar mereka tau juga betapa gue terpaksanya pergi ke Ramayana hanya untuk beli nih bungkus snack.
Maksud dan tujuannya baik, supaya yang nerima nya bilang ke juri-juri lain:
“buset dah nih yang ngirimin atas nama Adee dari Jakarta ini ganteng banget dah, jarang lho ada orang ikutan kuis kaya gini ngasih struck asli bukan foto. Emang cihui deh nih orang.”
Lalu setelah gue kirim bungkus + Struck pembelian itu, gue balik ke kontrakan.
Sampe kontrakan, gue mikir sama diri gue sendiri… kok kayanya ada yang salah nih.
Ada sesuatu yang mengganjal. sesuatu yang sangat salah.
Gue langsung lihat kebawah cek celana gue, engga… gue engga make celana dalam di luar lagi.
Gue lihat ke kaca, engga… engga rambut gue engga ketiban eek burung lagi.

LALU APA YANG SALAH???!

Gue duduk di bangku belajar.
Terus mikir lama. Sampe akhirnyaa…
Ya kamprett.. gue baru inget, foto profil yang gue kirimin ke kuis itu adalah foto gue lagi nongkrong buang hajat di pesawahan. -_-
Tuh panitia penerima persyaratan, pas ngecek foto data diri gue, langsung mikir:
“ini kok muka nya tampan sekali ya mirip sama apa yang diakeluarin dari pantatnya dan emang bener-bener rajin menabung. Tapi tetep lah si Adee ini keren abis, ngumpulin persyaratannya pake struk asli.”
Lalu, apakah yang bias gue lakukan? Well, pilihannya adalah sebagai berikut:
1.  Berharap fokus panitianya ke bungkusan kosong PLUS Struck asli.
2. Kalaupun dia merhatikan foto profil juga, berharap dia terpana ngelihat background sawahnya.
3. Pergi ke kantor tuh snack, nyamar jadi penjahat terus menyandera satpan beserta anak istrinya untuk ditukarkan sama foto profil berak gue tersebut.
4.  Dia suka baca buku Radityadika.
Tapi ya sudahlah, itu hanya sebuah kuis iseng yang ternyata engga berhasil membuat gue lepas dari bayangan pesawahan.

Eniwei, gue seneng banget bisa balik lagi ke Jakarta, walaupun ada beberapa hal yang engga bisa gue lakuin seperti gue lakuin di rumah. (kaya nikmatin pesawahan sambil ngeden – ngeden kaya orang mau ngelahirin. Hahaha)

Jakarta sama daerah gue itu beda banget. Ada enaknya, ada engganya.
Masing-masing mempunyai ceritanya tersendiri.
Emang, engga masalah bagi gue walaupun gue hidup di Jakarta, Bandung, Yogyakarta atau bahkan di Papua sekalipun. Karena ga ada gunanya merasa sedih, nyesel, atau menjerit-jerit kesepian.
Kata Radityadika sih: Just take a seat back and relax. And make the most of it.
Lagian, disinilah gue akan menghabiskan empat tahun dari masa hidup gue.

Dan buat kalian yang sekarang sedang menempuh pendidikan dan jauh dari orang tua, jangan pernah merasa sedih. Jangan pernah nyesel, ragu atau ngerasa kangen sampe nangis tiga hari tiga malem.
Karena, pas kita balik ke rumah kita dari universitas nanti, dengan gelar ditangan, pengalaman di kepala, dan sejuta hal untuk diceritakan kepada orang-orang, akan ada banyak orang yang menyambut kita.
Dan kita akan tersenyum kepada mereka, puas.

1 comment:

  1. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete